Fadia Arafiq Terima Kunker Komisi X DPR RI, Fokus dan Komitmen Dorong Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Pekalongan

 

PEKALONGAN MEDIA, KAJEN - Kunjungan kerja ( Kunker ) Komisi X DPR RI di Kabupaten Pekalongan pada Senin 29 Januari 2024 lalu merupakan kesempatan untuk merumuskan kebijakan yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dihadapan komisi X DPR RI menyampaikan, Kabupaten Pekalongan memiliki potensi strategis bagi perkembangan pelaku UMKM. Bahkan produk UMKM Kabupaten Pekalongan telah merambah ke berbagai daerah di Indonesia.

Berita lain : Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Masuk Jajaran 40 Tokoh Inspiratif Jateng Tahun 2023

Pemkab Pekalongan akan terus mendorong pertumbuhan UMKM di Kota Santri, kata Fadia. Dan salah satu bukti komitmennya adalah merancang penataan UMKM agar para pelaku usaha di Alun - alun Kajen tidak hanya dapat berjualan pada malam hari, melainkan juga pada siang hari.

"Tahun 2024, kita telah menyiapkan dana untuk penataan UMKM di selatan Alun-alun Kajen," ucap Bupati.

Berita lain : Fadia Arafiq : Rembug Ekonomi adalah Upaya Menghidupkan Ekonomi di Kabupaten Pekalongan

Perkembangan ekonomi kreatif saat ini tidak bisa terlepas dengan peran serta para generasi muda milenial. Terkait hal itu, Pemkab Pekalongan telah melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan. Namun sayangnya pelatihan ini menjadi kurang optimal karena peserta kesulitan mengaplikasikan hasil penelitiannya dalam dunia usaha.

" Ilmu yang didapatkan dalam pelatihan menjadi seperti kurang bermanfaat karena tidak memiliki alat yang dibutuhkan.Oleh karena itu, kami membutuhkan peralatan bagi lulusan pelatihan agar mereka dapat mengembangkan usaha mereka," ujar Fadia.

Ditambahkan, hal lain yang telah dilakukan Pemkab Pekalongan dalam upaya mendorong ekonomi kreatif adalah membentuk desa wisata yang diakui melalui SK.Meskipun masih dalam skala desa, Bupati mengatakan bahwa manfaatnya telah terasa positif bagi warga desa setempat khususnya dan kabupaten Pekalongan umumnya.

Berita lain : Jalan Poros Desa Ponolawen Kecamatan Kesesi Diresmikan Bupati Fadia Arafiq

Sementara itu Ketua Rombongan Komisi X DPR RI Dr. H. Abdul Fikri Faqih, MM menyampaikan bahwa kunjungan ini fokus pada bidang ekonomi kreatif, berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Perpustakaan Nasional.

Tujuannya untuk mendapatkan data mengenai pengelolaan dan pengembangan ekonomi kreatif. Kunjungan ini merupakan langkah konkret untuk memahami tindak lanjut dari implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang ekonomi kreatif di Kabupaten Pekalongan.

Penulis : Sigit Bram | Editor : Marwan Hamid

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Pekalongan Media.com, kantor berita Pekalongan. Silahkan tinggalkan komentar anda terkait artikel maupun berita yang baru saja dibaca. Redaksi kami menerima kiriman berita, artikel atau informasi lainnya. Silahkan hubungi kontak kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

iklan pekalongan media