Puluhan Orang Pingsan Dalam Festival Durian Alun-Alun Kajen Pekalongan

festival durian kajen pekalongan 2024

PEKALONGAN MEDIA, KAJEN – Puluhan orang pingsan akibat berdesak-desakan dalam acara Festival Durian yang diselenggrakan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Minggu 14 Januari 2024 di Alun-Alun Kajen. Bahkan ada juga mengalami luka-luka karena terkena durian yang diperebutkan meskipun secara seremonial acara belum dimulai.

Menanggapi kejadian tersebut, Ketua Panitia, Abdul Baqi menyatakan jika panitia sudah melakukan persiapan matang dalam menggelar festival durian ini. Munculnya kekisruhan menunjukan jika masyarakat belum siap terhadap event seperti ini sehingga perlu diberikan edukasi lagi.

Baca Juga : Gedung Perpustakaan Kabupaten Pekalongan Berkonsep Futuristik

“ Secara SOP kita sudah sesuai tapi yang namanya pengunjung itu kalau ada gratis itu luar biasa. Jadi kalau merebut durian itu suatu kebanggaan bagi masyarakat, ini yang perlu kita lakukan edukasi. Kalau dulu orang merebut itu kan nggak bagus, lha ini yang perlu diedukasi dan menata masyarakat agar akhlaqul karimah” ucap Baqi.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa panitia telah mempersiapkan tenaga pengamanan dari kepolisian sebanyak 200 personel, namun ternyata masyarakat yang datang melebihi perkiraan panitia. Estimasi pengunjung yang hadir sekira 20 ribu, sedangkan prediksi dari panitia cuma 10 ribu, sehingga terjadi kekecauan pada acara festival durian ini.

Baca Juga : Tradisi Haul dan Wisata Reliji Syekh Maulana Maghribi

festival durian pekalongan

“ Ini kan juga orang kota datang, orang batang datang, dan mungkin Pemalang juga datang. Kita memprediksi kan berdasarkan kapasitas. Sudah dirapatkan, tahapan-tahapan sudah dilakukan tapi ternyata pengunjung dari kota lain datang kita kan tidak bisa menolak,” ujar Baqi

Sementara itu Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan 150 personel yang berjaga dari sejak pagi. Antusias masyarakat yang datang sangat luar biasa dan diluar dugaan jumlahnya sehingga ketika sempat terjadi kericuhan pada saat warga mulai berebut dua gunungan durian yang dipersiapkan panitia.

Baca Juga : Mantan Napi Kasus Pembunuhan Dibekuk Polres Pekalongan Karena Curi Mobil

“ Kita sterilisasi mulai dari pagi, dari mulai panggung, pintu masuk dan area-area diseputar lokasi. Kalau gunungan-gunangan durian itu  dari panitia. Ada petugas ditengah cuma sifatnya hanya mobiling. Namun pada akhirnya situasi kondisi bis akita amankan dengan baik,” kata Kapolres.

Disinggung soal prosorsional jumlah personel dalam event ini, Kapolres tidak menjawab secara rigid karena itu ada hitungan-hitungannya tersendiri. Namun demikian dari kejadian ini, pihak kepolisian kemungkinan akan memanggil panitia guna melakukan evaluasi guna perbaikan kedepannya.

Penulis : Sigit Bram | Editor : Marwan Hamid


Belum ada Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Pekalongan Media.com, kantor berita Pekalongan. Silahkan tinggalkan komentar anda terkait artikel maupun berita yang baru saja dibaca. Redaksi kami menerima kiriman berita, artikel atau informasi lainnya. Silahkan hubungi kontak kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

iklan pekalongan media