Moderasi Beragama Dalam Hubungan Sesama Muslim

pekalongan media

PEKALONGAN MEDIA - Indonesia merupakan negara yang multikultural, multi etnik, dan multi agama. Keanekaragaman tersebut, dapat menimbulkan konflik antara perbedaan tersebut, sehingga diperlukan rasa toleransi. Toleransi merupakan salah satu prinsip dari moderasi beragama.

Sikap toleransi itu sangat penting untuk dimiliki setiap orang,apalagi yang hidup di Indonesia. Dengan pemahaman moderasi beragama yang baik, diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai negara yang baik, serta rukun sesuai dengan isi pada pancasila butir ke-3.

Baca juga : Mewaspadai Gempa Bumi

Untuk mengembangkan sikap toleransi dapat kita mulai terlebih dahulu dengan bagaimana kita mensikapi perbedaan pendapat yang mungkin terjadi di dalam keluarga. Sikap toleransi dimulai dengan cara membangun kebersamaan, menyadari adanya perbedaan, dan menyadari pula bahwa kita semua adalah saudara.

Maka akan timbul rasa kasih sayang, saling pengertian, dan sedikit demi sedikit sikap toleransi pun muncul. Ajaran penting dalam islam yang menyangkut moderasi yaitu menjalin persaudaran antar sesama umat muslim atau dalam bahasa arab itu dinamakan ukhuwah islamiyah, dan ada hadis yang menjelaskan hal tersebut اَلْمُسْلِمُ اَخُو الْمُسْلِمِ yang artinya seorang muslim itu saudara bagi muslim lainya. (H.R. Bukhori dan Muslim).

Baca juga : Tradisi Selametan Wujud Rasa Syukur Kepada Tuhan dan Bentuk Moderasi Masyarakat di Jawa

Orang-orang yang beriman bagaikan satu tubuh, jika salah satu bagian tubuh sakit, maka bagian tubuh lainnya merasakan sakitnya. Rasulullah Saw bersabda :

" Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mengasihi bagaikan satu tubuh, apabila salah satu anggota tubuh merintih kesakitan maka seluruh tubuhnya akan terjaga (tidak bisa tidur) dan demam." (HR Muslim)

Apabila seorang atau sekelompok mukmin menderita, maka mukmin yang lain juga merasakannya. Islam mendorong umatnya untuk mengamalkan ukhuwah islamiyah ke dalam kehidupan sehari-hari. Umat Islam harus bisa merasakan apa yang diderita saudara seagamanya, untuk selanjutnya memberikan bantuan apapun bentuknya agar meringankan beban dan penderitaan saudaranya itu. Inilah makna ukhuwah.

Hal tersebut kita rasakan saat ini yaitu di negara Palestina yang mayoritas warganya itu umat muslim disana mereka sedang di bom habus-habisan oleh tentara israel dan pepetangan itu masih terjadi hingga saat ini.

Baca juga : Ketahui 9 Motif Batik Pekalongan dan Makna Filosofinya

Ketika umat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah bulan Ramadhan dengan khusyuk, gembira tetapi disana mereka masih ketakutan akan serangan-serangan bom dari Israel yang tak henti-hentinya.

Oleh karena itu mari kita doakan supaya mereka diberikan kesabaran, ketabahan dalam menghadapi ujian tersebut dan diberikan kesehatan kepada saudara kita yang ada disana. Dan kita sebagai saudara seagamanya jika mempunyai rezeki yang lebih bisa membantu saudara kita disana dengan bantuan-bantuan kecil seperti menyumbang uang untuk membeli sandang,pangan ataupun papan yang layak lewat open donasi dari beberapa organisasi.

Penulis : Nurul Awwaliyatus Sa'adah | Mahasiswa semester dua program studi Pendidikan Agama Islan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

 

 

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Pekalongan Media.com, kantor berita Pekalongan. Silahkan tinggalkan komentar anda terkait artikel maupun berita yang baru saja dibaca. Redaksi kami menerima kiriman berita, artikel atau informasi lainnya. Silahkan hubungi kontak kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

iklan pekalongan media