Festival Durian di Pekalongan Ricuh, Bupati Anggap itu Hal yang Wajar

 

festival durian alun-alun kajen

PEKALONGAN MEDIA, KAJEN – Festival Durian yang diselenggarakan oleh Pemkab Pekalongan pada Minggu 14 Januari 2023 di Alun-Alun Kajen diwarnai dengan adanya kericuhan. Ribuan masyarakat saling berdesakan untuk berebut durian meskipun acara seremonial festivaldurian tersebut belum dimulai. Akibatnya, terjadi aksi saling dorong antar pengunjung hingga membuat puluhan orang mengalami sesak nafas dan pingsan.

Menanggapi ricuh festival durian di Alun-Alun Kajen Kabupaten Pekalongan tersebut, Bupati Fadia Arafiqberkomentar bahwa itu adalah hal yang wajar terjadi. Hanya saja masyarakat kurang bersabar sehingga belum waktunya durian dibagikan mereka sudah merangsak mendekati gunungan durian lalu berebut mengambil durian itu.

Baca Juga : Puluhan Orang Pingsan di Festival Durian Pekalongan

“ Menurut saya hal yang biasa karena memang namanya durian dengan ribuan dibagikan gratis masyarakat antusias. Cuma memang banyak anak-anak muda tidak mau menunggu waktu dibagikan sudah ngrayah duluan,” ucap Fadia.

puluhan orang pingsan berebut durian

Disinggung mengenai kesiapan panitia, Bupati menyatakan bahwa jika pihaknya sudah mempersiapkan event ini dengan matang. Untuk pengamanan Pemkab juga telah melakukan koordinasi dengan TNI/Polri serta Satpol PP. Hanya saja memang jumlah pengunjung yang datang di festival durian yang digelar di Alun-Alun Kajen ini diluar perkiraan.

Baca Juga : Tradisi Selametan Bentuk Rasa Syukur dan Moderasi Masyarakat Jawa

“ Kalau masalah belum siap tidak ada karena gini, kita menghadapi masa dengan ribuan orang dan acara festivaldurian hari ini yang hadir bukan orang Kabupaten Pekalongan saja tapi dari luar kota juga hadir semua karena dengar ribuan durian dibagikan. Mungkin ada yang terluka tapi tidak fatal, “ kata Bupati.

Terkait masyarakat yang terluka di Festival Durian Kabupaten Pekalongan ini, Fadia Arafiq menyatakan panitia telah menyiapkan tim medis di area kegiatan festival durian. Namun jika memang ada korban yang harus ditangani lebih intensif maka Pemkab akan menanggung semua biaya pengobatannya.

Penulis : Sigit Bram | Editor : Marwan Hamid

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Pekalongan Media.com, kantor berita Pekalongan. Silahkan tinggalkan komentar anda terkait artikel maupun berita yang baru saja dibaca. Redaksi kami menerima kiriman berita, artikel atau informasi lainnya. Silahkan hubungi kontak kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

iklan pekalongan media