Bupati Pekalongan Ingatkan Ibu-Ibu Agar Jangan Lengah Terhadap Stunting

bupati pekalongan fadia arafiq

Pekalongan Media,  Kajen – Kasus stunting di Kabupaten Pekalongan adalah PR dan tanggung jawab bersama. Angka stunting akan sulit berkurang tanpa peran serta masyarakat. Untuk itu para ibu diminta supaya lebih peduli dan jangan malas memeriksakan kehamilannya sebagai salah satu upaya mencegah anak-anak stunting. Demikian disampaikan Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dihadapan ibu-ibu PKK usai acara pelantikan PAW Kepala Desa Sumurjomblangbogo, Kamis 5 Oktober 2023.

“ Khususnya bagi Ibu-ibu tidak ada lagi rasa khawatir takut berobat ke Rumah Sakit, Puskesmas karena semuanya sekarang sudah gratis, cukup pakai KTP nggih. Cek kehamilannya dengan benar nggih, saya minta tolong nggih Ibu-ibu PKK,” pinta Fadia Arafiq

Bukan hanya saat kehamilan, secara rutin setelah anak lahirpun para ibu juga harus memeriksakan kondisi kesehatan dan tumbuh kembang anak baik ke Posyandu ataupun Rumah Sakit dan Puskesmas, supaya jika terdapat indikasi stunting terhadap anak dapat segera tertangani. Kuncinya adalah peran aktif masyarakat agar angka Stunting di Kabupaten Pekalongan dapat menurun.

“ Mungkin yang baru menikah, ibu-ibu muda yang belum tahu cara cek kesehatan dengan benar dapat dibantu nggih Ibu-ibu PKK. Karena kalau sampai stunting nanti yang repot kita semua, jadi dari awal harus kita cek bersama” ucap Bupati.

Sebagai catatan, kasus stunting di Kabupaten Pekalongan dari tahun ke tahun memang berkurang cukup signifikan. Tahun 2021, angka kasus stunting 13,48 persen atau 1.628 kasus. Untuk tahun 2022 turun menjadi 11,4 persen yaitu 747 kasus. Harapannya, melalui konsistensi kerjasama semua pihak, dari Kades, Camat, Tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, Dharma wanita dan lain sebagainya, target penurunan stunting 3,5 persen per tahun dapat tercapai.

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Pekalongan Media.com, kantor berita Pekalongan. Silahkan tinggalkan komentar anda terkait artikel maupun berita yang baru saja dibaca. Redaksi kami menerima kiriman berita, artikel atau informasi lainnya. Silahkan hubungi kontak kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

iklan pekalongan media