Menggali Potensi dan Semangat Belajar Siswa Melalui Bernyanyi Pada Tingkat Sekolah Dasar

PEKALONGAN MEDIA - Metode pembelajaran yang biasanya dilakukan oleh para pengajar adalah metode yang konvensional / tradisional yaitu  menggunakan metode ceramah, yang membuat siswa menjadi cepat bosan dan mengantuk pada saat proses pembelajaran dilaksanakan. Salah satu berhasilnya suatu pembelajaran adalah pemahaman siswa dengan baik terhadap pembelajaran yang diberikan.

Oleh karena itu, sebagai seorang pengajar harus bisa membuat metode pembelajaran yang efektif dan meningkatkan semangat belajar siswa didalam kelas. Salah satu metode tersebut adalah metode bernyanyi.

Metode pembelajaran ini biasanya di implementasikan di sekolah dasar. Menurut Kamtini (2005) menyatakan bernyanyi merupakan sarana pengungkapan pikiran dan perasaan, sebab kegiatan bernyanyi penting bagi pendidikan anak-anak selain itu bernyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan memberi kepuasan kepada anak-anak.

Bernyanyi adalah suatu aktivitas bermain nada yang menghasilkan musik dengan menggunakan suara. Bernyanyi sangat disukai oleh anak-anak (Yusriana, 2012).

Apa sih metode bernyanyi itu?

Metode bernyanyi yakni metode pembelajaran yang menggabungkan materi pembelajaran dengan syair lagu yang bertujuan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif, tidak monoton dan lebih asyik. Dengan metode ini menjadikan suasana kelas yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan, siswa menjadi lebih semangat dan cepat mengingat serta paham materi yang disampaikan, dengan begitu  suasana kelas  menjadi lebih kondusif, siswa tidak ada yang mengobrol sendiri atau sibuk dengan aktivitas lain diluar mendengarkan materi yang sedang disampaikan.

Agar metode bernyanyi ini efektif pengajar harus memperhatikan beberapa hal- hal penting dalam memilih lagu yang digunakan supaya siswa dengan mudah memahami materi yang disampaikan diantaranya yakni : 

1. Pemilihan lagu yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan siswa atau juga bisa menggunakan lagu yang sedang tren disaat ini

2.  Menyesuaikan nada lagu dengan materi yang akan dibawakan agar mudah diingat oleh siswa

3.   Menggunakan tepuk tangan atau ketukan dan bisa juga iringan alat musik agar lebih semangat dalam menyanyikan lagu tersebut

4.    Menggunakan bahasa yang mudah diingat dan lagu yang tidak terlalu panjang

5. Bisa juga dengan diikuti gerakan tubuh yang sesuai

Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Metode Bernyanyi

Menurut Nurhenti Darling, dkk (2022) manfaat dari anak bernyanyi adalah, Melatih motorik anak,  Membentuk rasa percaya diri anak, Melatih Koognitif dan perkembangan bahasa anak.

Adapun Manfaat dan kelebihan dari metode bernyanyi antara lain:

1. Siswa lebih mudah memahami dan mengingat materi yang disampaikan

2.    Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

3.    Membantu siswa lebih fokus dalam pembelajaran

4. Untuk melatih daya ingat siswa

Contoh Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran:

  • Menyanyikan lagu tentang materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( lagu  belajar bab Thaharah – aku ingin tamasya keliling kota)

  • Menyanyikan lagu tentang materi pembelajaran ilmu pengetahuan alam ( lagu siklus air )

  • Menyanyikan lagu tentang materi bahasa Inggris dalam menghafal kosa kata

Penulis : Umi Mulyani | Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan 





Belum ada Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Pekalongan Media.com, kantor berita Pekalongan. Silahkan tinggalkan komentar anda terkait artikel maupun berita yang baru saja dibaca. Redaksi kami menerima kiriman berita, artikel atau informasi lainnya. Silahkan hubungi kontak kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

iklan pekalongan media