Permudah Sajian Data Informasi, Pemkab Batang Gunakan QR Code

pemkab batang gunakan QR Code

PEKALONGAN MEDIA.COM, BATANG - Dalam meningkatkan pelayanan, Pemkab Batang mulai gunakan QR Code untuk mempermudah akses masyarakat yang ingin mendapatkan data informasi.


Lani Dwi Rejeki Penjabat Bupati Batang mengatakan, aplikasi ini mengangkat tema transformasi digitalisasi data dan informasi pemerintahan. Ini merupakan inovasi baru dalam upaya memudahkan pelayanan di bidang pemerintah dan informasi.


"Inovasi baru yang dirintis oleh Diskominfo Kabupaten Batang baru kali pertama ada di Jawa Tengah. Bagi masyarakat yang ingin mendapat data informasi, cukup memindai QR Code," katanya.


Lani juga menjelaskan, bahwa aplikasi ini juga menyajikan data dan rencana program dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga harapannya organisasi perangkat daerah terus memperbarui (update) data secara berkala.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Batang Triossy Juniarto menambahkan, inovasi bernama dashboard analytic merupakan sajian data yang mudah diakses di mana saja dan kapan pun karena menggunakan QR code. Datanya lengkap dan update.


Dashboard analytic diperuntukkan bagi pengambil kebijakan pemangku kepentingan maupun pihak lain yang membutuhkan data dan informasi Kabupaten Batang.


"Apalagi, di daerah ini terdapat proyek strategis nasional, yaitu Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, yang tentunya mereka sangat membutuhkan data dan informasi, khususnya bagi yang akan menanam modal di daerah ini," kata Triossy.


Sekarang eranya adalah keterbukaan informasi dengan digitalisasi, sehingga hal tiu menuntut pemerintah daerah agar senantiasa menyiapkan data dan informasi bagi masyarakat sebagai bentuk transparansi.


"Masyarakat sekarang sudah cerdas. Oleh karena itu, kami harus bisa menyiapkan sistem yang terintegrasi dengan OPD agar lebih memudahkan akses bagi masyarakat yang membutuhkan data dan informasi." 


Penulis : Yanuar Ali - Kontributor Pekalongan media


Belum ada Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Pekalongan Media.com, kantor berita Pekalongan. Silahkan tinggalkan komentar anda terkait artikel maupun berita yang baru saja dibaca. Redaksi kami menerima kiriman berita, artikel atau informasi lainnya. Silahkan hubungi kontak kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

iklan pekalongan media